Senam kaki

 

Kembalikan kekuatan dan fleksibilitas kaki lelah Anda dengan latihan rutin ke 9 langkah ini

1. Mulailah dengan berdiri tegak dan menyeimbangkan berat badan Anda. Geser berat badan Anda ke tumit, kemudian tekuk jari-jari kaki Anda ke bawah, lalu luruskan dan ulangi sebanyak 10 kali. Latihan ini baik untuk kekuatan umum, tetapi juga untuk meringankan kram di setiap jari kaki.


2. Letakkan handuk di bawah kaki di atas lantai. Tarik handuk, genggam jari-jari kaki. Ulangi lima kali dan ganti kaki sebelahnya. Saat kaki latihan ini, Anda dapat menambahkan dengan meletakkan buku atau benda sama berat di atas handuk itu.

 

 

3. Duduk di kursi atau bangku dan gunakan telapak kaki Anda untuk menggosok tulang kering kaki secara berlawanan, mulai dari lutut ke pergelangan kaki dan sebaliknya. Ulangi sebanyak 20 kali. Latihan ini membantu meredakan ketegangan di sekitar tulang kering dan meningkatkan fleksibilitas kaki sambil dipijat.

4. Putar bola di bawah telapak kaki selama dua menit, lalu pijat bagian bawah kaki. Terapi ini dapat meringankan ketidaknyamanan kaki dari kram, nyeri betis atau ketegangan pergelengan kaki.

5. Baring di atas lantai, letakan kaki di atas bantal pas pada ujung betis Anda. Putar kaki selama 10 kali searah jarum jam lalu sebaliknya, berlawanan ke arah jarum jam. Ulangi pada kaki sebelahnya.

6. Mulai dari posisi yang sama seperti langkah ke 5, bayangkan jempol kaki Anda itu pulpen lalu " tulis" angka dari 1 sampai 10. Cobalah ini dengan kedua kaki .

7. Dari posisi awal latihan ke 5, pegang kaki Anda dalam posisi vertikal (jari-jari kaki ke atas, tumit ke bawah). Melenturkan pergelangan kaki , jari-jari kaki menunjuk ke arah diri sendiri , kemudian ulangi dalam arah yang berlawanan . Ulangi 10 kali.

8. Tempatkan 10 benda kecil (tidak tajam ) di atas lantai dalam wadah (baiknya kelereng atau koin). Ambil satu-satu, genggam dengan jari-jari kaki, lalu jatuhkan dalam wadah. Pastikan Anda pakai semua jari-jari kaki Anda, bisa dilatih dengan pensil juga.

9. Akhiri latihan ini dengan berdiri lalu naikkan dan turunkan diri Anda pada ujung jari kaki (bersamaan) sebanyak 10 kali.