Cara terbaik untuk memilih sepatu

 

Anda pasti sangat kecewa saat menyadari, sepatu yang Anda pikir sempurna ketika dicoba di toko, ternyata sangat menyakitkan saat dipakai. Inilah panduan praktis agar Anda memilih sepatu yang terbaik. Jangan lupa tips kami ketika Anda belanja sepatu lagi nanti.

Kaos kaki

Ketika membeli sepatu, jangan lupa pikirkan jenis kaos kaki yang akan dipakai. Anda dapat membelinya sekalian atau bawa kaos kaki dalam tas ketika belanja.

Panjangnya

Sepatu Anda harus satu cm lebih panjang dari kaki, untuk memastikan jari-jari kaki memiliki ruang untuk bergerak dan menghindari gesekkan apapun. Ukur panjang kaki Anda sampai ujung jari kaki terpanjang. Ingat! Bukan jempol kaki Anda!

Lebar

Sepatu harus nyaman di kaki pada titik terlebar untuk mencegah gesekan yang disebabkan gosokkan sepatu pada kaki Anda, jadi pastikan tidak ada titik-titik tekanan. Jika Anda tidak dapat menggoyangkan jari-jari kaki Anda artinya sepatu terlalu ketat .

Kedalaman

Bagian atas tidak harus mendorong ke bawah pada bagian atas kaki Anda, terutama di ujung. Tekanan macam ini dapat menyebabkan iritasi kulit , masalah kuku dan kram kaki. Kedalaman sepatu yang tepat dapat melenturkan kaki Anda.

Hak

Sepatu harus pas di kaki Anda dengan kuat di sekitar tumit, terutama sepatu olahraga. Tumit stabil memungkinkan kaki tergeser di sekitarnya membuat Anda hilang keseimbangan badan. Hal ini menyebabkan nyeri pada lengkungan dan iritasi kulit .

 

Sol dalam

Penting sekali memilih sol dalam sepatu yang berbentuk anatomis sehingga mampu menopang kaki Anda pada titik-titik yang tepat. Sepatu dengan sol removable sangat praktis, mereka dapat dipasang ke dalam sol orthotic anatomi, atau dapat dibuat lebih luas untuk mengakomodasi perenggangan kaki pada siang hari .

Lapisan

Lapisan sepatu harus halus dan bebas dari kerutan atau jahitan yang diangkat. Hal ini membantu Anda terhindari dari iritasi atau kerusakan kulit.

Atas

Apa pun bahannya, pastikan hal ini dilakukan secara fleksibel dan tidak membatasi gerakan kaki. Pertimbangkan juga untuk ruang napasnya sehingga kaki Anda tidak kepanasan dan bau.

Satu-satunya

Materinya harus ringan, tahan lama dan memiliki pegangan. Cobalah untuk memilih sepatu yang memberikan perlindungan dari batu atau benda lain di tanah yang bisa menyakiti kaki Anda juga.

Tercepat

Jika memungkinkan, pilihlah sepatu dengan tali, Velcro atau gesper, sehingga Anda dapat menyesuaikan ukuran sesuai kebutuhan Anda.

Ukuran

Kaki kita terbentuk pada usia 18 tahun, tetapi ukuran dan bentuk kaki masih bisa berubah dengan usia atau kehamilan. Bentuk sepatu yang cocok juga berbeda. Jadi pilihlah yang terbaik untuk kenyamanan kaki Anda.

Coba-coba

Selalu mencoba sepatu di kaki kanan dan kiri: kebanyakan ukuran sepasang kaki sedikit berbeda, jadi pilihlah ukuran kaki yang lebih besar. Kaki Anda melebar ketika Anda menaruh berat badan Anda di atasnya, jadi pastikan berdiri ketika mencobanya. Sebaiknya berbelanja sepatu di sore atau malam hari ketika kaki Anda sedikit lebih besar karena stres seharian.

Sedikit trik

Akhirnya, pastikan Anda berjalan-jalan di toko dengan sepatu - bahkan bahan terlembut mungkin tidak memberikan kenyamanan yang tepat ketika kaki Anda bergerak. Anda harus mengenakan sepatu setidaknya 10-15 menit, sehingga perhatikan sepatu yang Anda suka, coba di kedua kaki Anda, lihat-lihatlah di toko sepatu sebanyak mungkin.